Minggu, 07 November 2010

tulisan 6

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

1.PENGENALAN PADA MANJEMEN INFORMASI

1.1 Pentingnya manajemen informasi dalam perusahaan

pentingnya manajemen informasi dalam perusahaan disebabkan karena:

1.pengaruh ekonomi internasional.

2.persaingan dunia.

3.batas waktu yang singkat.

4.kendala-kendala sosial

-meningkatnya kekompleksan tugas manajemen bisa di bilang akibat tuntan pekerjaan yang

Terus bertambah dan terus menuntut untuk jauh lebih baik.keberhasilan suatu organisasi da-

Lam mencapai tujuannya sngat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi

Tersebut .manajemen sebagai suatu metode yang mengatur,mengelola organisasi dpapt di arti-

Kan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang,jika manajemen suatu organisasibaik

Maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.

-keberadaan alat untuk memecahkan persoalan dalam perusahaan itu sangat penting untuk

Memudahkan dalam pengerjaan pekerjaan.untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat

Seperti komputer.gagasan untuk menggunakan komputer sebagai sistem manajemen informasi

Merupakan suatu terobosan besar,karena menyadari bahwa para manajer membutuhkan i

Informasi untuk pemecahan masalah.

1.2 Peranan manjer dalam pengelolaan manajemen informasi

Sumber daya manajemen ada 2:

1. Sumber daya fisik : manusia,mesin,material,uang.
2. Sumber daya konseptual : informasi(termasuk data).

Peranan manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya termasuk didalamnya manajemen informasi yakni berupa:

-Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di perlukan dapat segera di

Manfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.

-sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

-sumber daya harus selalu diperbaharui.

Keterampilan manajemen ada 2 : keahlian komputer dan keahlianinformasi.di jaman yang sudah

Mengandalkan teknologi serba canggih ini,komputer adalah alat yang wajib bisa di kuasai.

Karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer untuk menjalankan pekerjaan.

Manajer dan sistem informasi,sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling

Berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu,contoh:perusahaan manufaktur.setiap sistem

Memiliki btas-batas luar yang memisahkannya dari lingkungannya.tidak semua sistem memiliki

Kombinasi elemen sistem yang sama,namun secara umum bisa di gambarkan terdiri dari sum-

Ber daya input(masukkan),proses transformasi dan sumberdaya output(keluaran).

1.3 Data dan informasi

Data dan informasi merupakan suatu sumberdaya yang utamasecara konseptual,yang keduanya

Pada umumnya merupakan hal yang saling berbeda.data terdiri dari fakta dan angka dari ber-

Bagai sumber dalam dunia nyata menyangkut entitas manusia,objek dan kejadian yang bisa ber-

Sifat kualitatif dan kuantitatif serta bersifat internal maupun eksternal.Informasi adalah data

Yang telah diolah sehingga punya arti bagi pemakai.Pengolah informasi mengubah data menjadi

Informasi dan merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.

1.4 Komputer sebagai elemen dalam sistem informasi

Komputer adalah elemen yang penting dalam sistem informasi untuk mengubah data yang

Sudah ada menjadi informasi bagi manajer dan pemakai informasi yang lain.

1.5 Evolusi sistem informasi berbasis komputer

- Fokus data (SIA/EDP)

Di dukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines ,dan

Perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya .Aplikasi yang di

Gunakan sistem informasi akuntansi (SIA).

-Fokus informasi (SIM)

Aplikasi komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi.

-Fokus pada pendukung keputusan (SPK)

Sistem informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan oleh

Manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.

-Fokus pada komunikasi (otomatisasi kantor)

Difokuskan pada otomatisasi kantor ,memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas

Diantara para manajer dan pekerja melalui penggunaan alat-alat elektronik.

-Fokus konsultasi (sistem pakar)

Sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu

Dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memcahkan masalah.

1.6 Upaya pencapaian sistem informasi berbasis komputer

Sistem informasi berbasis komputer berkembang melalui tahapan-tahapan,analisis,rancangan,

Penerapan, dan penggunaan.Tahapan-tahapan tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan

Dapat dilakukan oleh pemakai sendiri atau pemakai bekerja sama dengan spesialis informasi.

2.E-COMMERCE

2.1 Perdagangan melalui jaringan elektronik

Perdagangan melalui jaringan elektronik adalah sebagai pengguna komputer untuk memudah

Kan semua operasi perusahaan,ada 2 operasi:

-Internal : ke-5 bidang fungsional yakni keuangan, SDM, manufaktur, jasa informasi, dan

Pemasaran.

-Eksternal : berhubungan dengan ke-8 elemen lingkungan,yaitu pelanggan,pemasok,pemegang

Saham dan pemilik,serikat pekerja,pemerintah,masyarakat keuangan,masyarakat global dan

Pesaing.

Tujuan dari penggunaan teknologi informasi dalam perdagangan melalui jaringan elektronik

Adalah tercapainya keunggulan yang kompetitif.

-manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik

Ada 3 manfaat yang ada pada perdagangan melalui jaringan elektronik :

1. Pelayanan pelanggan meningkat
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan meningkat.
3. Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

-kendala perdagangan melalui jaringan elektronik

Tidak semua perusahaan ikut dalam perdagangan melalui jaringan elektronik.Hal tersebut

Dilakukan atas dasar kehati-hatian perusahaan,dengan kendala sebagai berikut :

1. Biaya tinggi.
2. Masalah keamanan.
3. Pernagkat lunak yang belum tersedia.

Bila manfaat yang melebihi kendala yang ada dan memutuskan untuk melangkah.Langkah utamanya adalah dengan melakukan pemilihan strategi,metodologi dan teknologi yang terbaik.

-Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik.

2.2 Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik.

Strategi melalui jaringan elektronik yang terbaik adalah strategi yang elemen-elemennya dikait

Kan dengan transmisi data elektronik

2.3 Sistem Antar Organisasi (IOS)

Sistem antar organisasi kadang kala disebut sebagai system informasi antar organisasi, yaitu

Suatu kombinasi perusahhan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu

System tunggal yang bekerja sama unutk mencapai tujuan bersama.

-manfaat IOS

Manfaat IOS terbagi menjadi 2 bagian :

1. Efisiensi komparatif

Para mitra bisnis dpat menyediakan barang dan jasa dengan biaya yang lebih murah dari pada pesaing mereka.Efisinsi terbagi menjadi 2 :

* Efisiensi internal : perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan tersebut sehingga dapat mengumpulkan data menganilisi nya lebih cepat serta membuat keputusan lebih tepat dan cepat.
* Efisiensi antar organisasi : perbaikan-perbaikan diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan lain.

2.4 Pertukaran Data Elektronik

Pertukaran data elektronik adalah proses transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan

Dapat di baca secara langsung ari computer ke computer di antar beberapa perusahaan.

-hubungan EDI yang umum

Membentuk kaitan antar perusahaan dengan pemasok dan pelanggannya.

-standar EDI

Format standar memungkinkan para mitra bisnis bertukar data tetapi memerlukan suatu

Proses trasnlasi data sebelum mengirim dan setelah menerima.

-Tingkat penerapan EDI

Para mitra bisnis dapat dapat menerapkan dalam berbagai tingkatan.tingkatan yang di maksud

Terbagi 3 :

* Tingkat satu : hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra bisnis yang terbatas .
* Tingkat dua : banyak set transaksi yang di transmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis.
* Tingkat tiga : banyak set transaksi yang di transmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis dan juga aplikasi computer perusahaan dissesuaikan dengan pendekatan EDI.

-Manfaat EDI

Manfaatnya yaitu :

* Mengurangi kesalahan
* Mengurangi biaya
* Meningkatkan efisiensi operasional
* Meningkatkan kemampuan bersaing
* Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
* Meningkatkan pelayanan pelanggan

2.5 Teknologi prdagangan melalui jaringan elektronik

Teknologi yang di gunakan adalah computer yang behubungan langsung dengan internet.

3.MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN

3.1 Model system umum perusahaan

- pengertian model

Model adalah penyederhanaan dari sesuatu.Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas

Yang disebut dengan entitas.

-Konsep dasar model sistem umum perusahaan

Konsep menggunakan sistem terbuka,yang dapat mengendalikan operasi nya sendiri.

Pengendalian di capai menggunakan lingkaran yang terdapat di dalam sistem.

-penggunaan model system umum

Model sistem umum yang di terapkan pada jenis-jenis organisasi yang ada,walaupun perlu

Adanya bebrapa modifikasi .Misalnya penggunaan model system umum pada organisasi

Yang menghasilkan produk dan jasa.

4.PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN

4.1 Pendekatan system

Proses pemecahan masalah secara sistematis bermula dari John Dewey, seorang

profesor filosofi di Columbia University pada awal abad ini. Dalam bukunya tahun 1910,

ia mengidentifikasi tiga seri penilaian yang terlibat dalam memecahkan masalah suatu

kontroversi secara memadai yaitu:

1. Mengenali kontroversi

2. Menimbang klaim alternatif

3. Membentuk penilaian

-pemahaman dasar pemecahan masalah dan pembuatan keputusan

kita mendefinisikan masalah sebagai suatu kondisi

yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian luar biasa atau menghasilkan

keuntungan luar bisa. Jadi pemecahan masalah berarti tindakan member responterhadap masalah untuk menekan akibat buruknya atau memanfaatkan peluang keuntungannya.

Pentingnya pemecahan masalah bukan didasarkan pada jumlah waktu yang dihabiskan

tetapi pada konsekuensinya. Keputusan adalah pemilihan suatu strategi atau tindakan.

-tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan system.

Dalam memecahkan masalah kita berpegangan pada tiga jenis usaha yang harus

dilakukan oleh manajer yaitu usaha persiapan, usaha definisi, dan usaha solusi /

pemecahan.

– Usaha persiapan, mempersiapkan manajer untuk memecahkan masalah dengan

menyediakan orientasi sistem.

– Usaha definisi, mencakup mengidentifikasikan masalah untuk dipecahkan dan

kemudian memahaminya.

– Usaha solusi, mencakup mengidentifikasikan berbagai solusi alternatif,

mengevaluasinya, memilih salah satu yang tampaknya terbaik, menerapkan solusi itu

membuat tindak lanjutnya untuk menyakinkan bahwa masalah itu terpecahkan.

-faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah.

Tiap manajer memiliki gaya pemecahan masalah yang unik. Gaya mereka

mempengaruhi bagaimana mereka terlibat dalam merasakan masalah, mengumpulkan

informasi, dan menggunakan informasi.

* Merasakan masalah

Manajer dapat dibagi dalam tiga kategori dasar dalam hal gaya merasakan

masalah mereka,yaitu bagaimana mereka menghadapi masalah.

* Mengumpulkan informasi

Para manajer dapat menunjukkan salah satu dari dua gaya mengumpulkan

informasi atau sikap terhadap total volume informasi yang tersedia bagi mereka.

* Informasi Manajer juga cenderung lebih menyukai salah satu dari dua gaya menggunakan informasi yaitu cara-cara menggunakan informasi untuk

memecahkan suatu masalah.

5.DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

5.1 Arsitektur computer

Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit system komputer dan mengubah input menjadi output.

* Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja

sama sebagai suatu sistem.

* Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan

tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta

mengolah isi penyimpanan primer.

* Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan

program dan data saat tidak digunakan.

-peralatan input

Peralatan input terbagi-terbagi seperti :

1. Keyboard
2. Mouse
3. Scanner

-pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder

Penyimpanan komputer ada dua bentuk dasar yaitu primer dan sekunder.

Penyimpanan primer biasanya disebut main memor,random access memori

(RAM) yang di gunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data.

Read only memori (ROM) untuk menyimpan material seperti intruksi pada saat

komputer di nyalakan dan cache memori.

-peralatan output

Bentuk akhir dari pemrosesan computer adalah beberapa bentuk output dan

Menampilkan pilhan yaitu : printer,monitor,audio.

5.2 software

Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

- sistem operasi ada banyak macam nya seperti : windows, linux, mac os, dst.

- aplikasi : program yang dapat di jalankan di dalam computer.

5.3 peranan peralatan input dan output serta software dalam pemecahan masalah

-peranan peralatan input dan output serta software dalam pemecahan masalah.

Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam

memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.

Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah

secara tidak langsung.

6. DATABASE

Database adalah suatu koleksi data komputer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.

6.1 Hirarki data

File adalah kumpulan catatan data yang mempunyai hubungan dengan subyek tertentu. Record catatan terdiri atas semua elemen data yang berkaitan dengan submit dalam file. Elemen data adalah unit data terkecil, sehingga ia tidak dapat dipisahkan. File berada pada tingkat yang tertinggi, dan elemen data berada pada tingkat yang paling bawah.

6.2 Penyimpanan sekunder

-SASD (penyimpanan berurutan)

Penyimpanan berurutan (sequential) adalah media penyimpanan untuk mengisikan catatan yang diatur dalam susunan tertentu.

-DASD (penyimpanan akses langsung)

Penyimpanan akses langsung adalah alat penyimpanan dengan penyusunan dan pembacaan datanya langsung pada posisinya.

6.3 Pemrosesan data

-pemrosesan batch adalah pengolahan yang dilakukan dengan mengumpul transaksi dalam periode tertentu.
-pemrosesan online adalah pengolahan data yang dilakukan per transaksi, kadang saat transaksi terjadi.

-sistem real time adalah Sistem yang mengendalikan sistem fisik dan mengharuskan komputer berespon cepat pada status sistem fisik

6.4 Database

-era permulaan database

Hambatan dapat dihilangkan dengan cara menyusun data secara fisik dalam penyimpanan sekunder. Spesialis informasi mencari cara untuk mengatasi masalah organisasi fisik ini, dan uashanya membuahkan hasil yang dikenal dengan organisasi logic. Organisasi logic memadukan data dari berbagai lokasi fisik yang berlainan. Ia adalah cara pemakai melihat data. Organisasi fisik sebaliknya, cara computer melihat data sebagai file yang terpisah. Beberapa teknik telah dikembangkan untuk mencapai perpaduan data logic dalam file tunggal, dan juga perpaduan logic antara beberapa file.

-konsep data

Merupakan integrasi logis dari catatan-catatan dalam banyak file. Database adalah suatu koleksi data komputer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dalam suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.
Tujuan utama dari konsep database:
1. Meminimumkan pengulangan data
2. Independensi data
3. Inkonsistensi data
4. Pemakaian bersama

-struktur data

Penekanan pada kegiatan pengolahan data adalah pada kemampuan untuk mengakses data dengan cepat serta efisien dalam penggunaan secondary storage.
1. Struktur data berjenjang (hierarchical data structure)
Hubungan antara data membentuk suatu jenjang seperti pohon. Suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen grup data yang berjenjang, disebut dengan node. Node yang paling atas atau level 1 disebut dengan root . tiap node dapat bercabang ke node lain. Satu node hanya mempunyai satu orang tua.

2. Struktur data jaringan (network data structure)
Hubungan data sama dengan struktur hirarki, tetapi untuk setiap node bisa mempunyai lebih dari satu orang tua.

3. Struktur data hubungan (relational data structure)
Data disusun dalam bentuk tabel dua dimensi yang terdiri dari kolom (field) dan baris (record). Hubungan antara record didasarkan pada nilai dari field kunci bukan berdasarkan alamat atau pointer di dalam record seperti pada strutur pohon dan jaringan.

-keunggulan dan kelemahan database dan DBMS

DBMS adalah perangkat lunak yang menetapkan dan memelihara integrasi logis antar file, baik ekplisit maupun inplisit.

Keunggulan dan kelemahan database dan DBMS

Keuntungan :
1. mengurangi kerangkapan data
2. mencapai independensi data
3. mengintegrasi data dari beberapa file
4. mengambil data dan informasi secara cepat
5. meningkatkan keamanan data

Kelemahan:
1. perangkat lunak yang mahal
2. konfigurasi perangkat keras yang besar
3. mempertahankan staff Database Administrator

6.5 Peranan database dan DBMS dalam memcahkan masalah

Database terkomputerisasi maupun DBMS bukanlah prasyarat mutlak untuk pemecahan masalah. Namun, memberikan dasar-dasar penggunaan komputer sebagai suatu sistem informasi para spesialis informasi dan pemakai.

7. KOMUNIKASI DATA

7.1 Komunikasi data

komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan.

7.2 Model komunikasi data

Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi yang lain, harus ada minimal 3 unsur utama sistem yaitu sumber data, media transmisi dan penerima. Andaikan salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan. Secara garis besar proses komunikasi data digambarkan berikut ini :

1. Sumber data
2. Media transmisi
3. Penerimaan data

7.3 komunikasi data pada computer

Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus

berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara computer komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui

media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.

Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat informasi karena

sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat

berkomunikasi satu sama lain.

7.4 Peralatan komunikasi data

Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam sistem komunikasi data , antara lain :

1. Termional
2. Jalur komunikasi
3. Modem.

7.5 Software komunikasi data

Host layers memproses pesan datacom yang masuk setelah diproses data dapat kembali ke front-end processor.

7.6 manajer jaringan

Sebuah fungsi pengawasan terhadap unjuk kerja jaringan dan pengambilan tindakan untuk mengendalikan aliran trafik agar diperoleh kapasitas jaringan dengan pengoperasian yang maksimum pada berbagai situasi.

7.7 Peranan komunikasi data dalam pemecahan masalah

Hasil dari aktivitas pemecahan masalah adalah solusi. Memikirkan masalah sebagai sesuatu hal yang selalu buruk adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena kita jarang mengartikan frase mengambil keuntungan dari sebuah situasi sama halnya dengan kita mengartikan frase memperbaiki sebuah situasi yang buruk. Kita akan memperhitungkan peraihan kesempatan ke dalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah (problem) sebagai suatu kondisi atau peristiwa yang merugikan atau memiliki potensi untuk merugikan bagi sebuah perusahaan atau yang menguntungkan atau memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan. Selama proses pemecahan masalah, manajer akan terlibat dalam pengambilan keputusan, yaitu tindakan memilih berbagai alternatif tindakan. Keputusan adalah tindakan tertentu yang dipilih. Biasanya, pemecahan satu masalah akan membutuhkan beberapa keputusan.

IMPLEMENTASI

PARKIRAN DI MALL

Pengunjung datang memakirkan kendaraannya di tempat parker,di pintu masuk parkir ada petugas yang bertugas untuk mencatat nomor plat kendaraan anda untuk lebih aman dan nyaman,penginputan nomor kendaraan dilakukan dengan computer,lalu mencetak kartu parker untuk di berikan kepada pengunjung.

Manajemen resiko

Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya

Resiko yang di timbulkan pada implementasi di atas adalah pada penginputan nomor kendaraan dan apabila itu terjadi pihak yang bertanggung jawab adalah leader staff parker mall.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar