Sabtu, 08 Januari 2011

tulisan 13

      TIPS AGAR PUASA TETAP FIT DI SIANG HARI

      Puasa badan jadi lemes kurang bergairah, padahal kita musti tetap beraktifitas seperti biasa di sepanjang siang hari hingga kala berbuka tiba. Mesti ada beberapa hal yang tentunya perlu diperhatikan. Salah satunya pola asupan makan saat sahur. yang perlu di perhatikan adalah memiliki energi tinggi bukan hanya berarti seberapa banyak Anda makan saat sahur. memiliki energi tinggi jika ia terlibat total apa yang dia lakukan baik fisik, mental maupun emosional.

      energi tergantung baik buruknya kita dalam memperlakukan diri kita sendiri baik fisik, mental, emosional maupun spiritual. makin baik kita memperlakukan diri kita makin tinggi energi yang kita peroleh.
      selain kita mengendalikan emosional, kita juga mengatur makanan yang kita makan agar tubuh mendapat asupan energi dari sahur sampai berbuka, berikut kiat mengatur asupan energi saat sahur dan berbuka:
    • masukan sayuran, beras merah dan benih kecambah <> kedalam menu sahur anda
    • jangan lupa konsumsi juga buah segar dan jus buah, agar hati bekerja lebih efisien dalam menetralisir racun dalam tubuh antara tengah malam dan tengah hari
    • jangan makan terlalu ‘berat’ saat sahur dan berbuka. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan dengan baik. Jika Anda terlalu kekenyangan, saluran pencernaan bisa bekerja terlalu keras sehingga mengacaukan metabolisme tubuh, yang justru bikin Anda lesu dan lemas. Jadi, makanlah dalam porsi sewajarnya.
  • Minum 8 gelas air putih dalam sehari. Rata-rata, tubuh kehilangan sekitar 3/4 liter cairan melalui keringat, bernapas, dan air seni. Usahakan saat sahur dan berbuka Anda cukup mendapat asupan air. Jika suka, Anda dapat menambah minuman teh. Jauhi kopi, dan minuman bersoda.
itulah beberapa tips agar puasa lebih fresh dan bersemangat, Eit's ada yg lupa
point selanjutnya lakukan olah raga kecil agar tubuh tetap semangat. okay ^_^
selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar